Tuesday, June 28, 2016

Kesenian Bantengan..... HOT....

sisdanso.blogspot.com
Bantengan merupakan sebuah kesenian khas jawa , Kostum bantengan biasanya terbuat dari kain hitam dan topeng yang berbentuk kepala banteng yang terbuat dari kayu. Bantengan ini selalu diiringi oleh sekelompok orang yang memainkan musik khas bantengan dengan alat musik berupa gong, kendang, dan lain-lain.
sisdanso.blogspot.com

Kesenian ini dimainkan oleh dua orang. Satu di bagian depan sebagai kepalanya, dan satu di bagian belakang sebagai ekornya. Dan biasanya, lelaki bagian depan akan kesurupan, dan orang yang di belakangnya akan mengikuti setiap gerakannya. Tak jarang orang di bagian belakang juga kesurupan. Tetapi, sangat jarang terjadi orang yang di bagian belakang kesurupan sedangkan bagian depannya tidak. 
sisdanso.blogspot.com

Bantengan dibantu agar kesurupan, oleh orang yang memakai pakaian serba merah yang biasa disebut abangan. Bantengan juga selalu diiringi oleh macanan. Kostum macanan ini terbuat dari kain yang diberi pewarna, biasanya kuning belang oranye yang dipakai oleh seorang lelaki. 
sisdanso.blogspot.com

Macanan ini biasanya membantu bantengan kesurupan dan menahannya bila kesurupannya sampai terlalu ganas, namun tak jarang macanan juga kesurupan.

by: sisdanso

Lihat hal unik dan menarik lainnya dengan KLIK LINK di bawah ini....WAJIB DILIHAT...SANGAT BAGUUUSS....

https://www.youtube.com/channel/UCHrMa7MElXt_1TXzulZdSUw

Terimakasih.....

0 komentar:

Post a Comment