Tuesday, June 21, 2016

Mandi Suro, Mandi Tengah Malam Di Sungai


sisdanso.blogspot.com
Saya akan bercerita sedikit mengenai salah satu tradisi yang saya juga baru ketahui. Nama tradisi ini adalah Mandi suro merupakan agenda yang rutin diadakan oleh penduduk di salah satu wilayah dono mulyo kabupaten malang setiap tahunnya. Acara mandi suro biasanya dilakukan pada saat setelah malam suro, dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur serta memohon berkah kepada tuhan yang maha esa agar warga diberi keselamatan dan kemudahan dalam berbagai hal, juga sebagai ajang penyucian diri dari kotoran jasmani maupun batin di tahun sebelumnya. 


Sebelumnya, acara dimulai dengan ritual yang dilakukan dirumah lumbung milik sesepuh desa. warga yang baru datang langsung menuju dapur atau keruang makan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan, sementara warga yang telah datang duduk melingkar sambil berbincang seadanya, ya biasanya tentang kegiatan sehari-hari saja sambil bersiap-siap mengikuti prosesi selanjutnya. 
sisdanso.blogspot.com
 
Sementara didapur, kaum wanita baik tua maupun muda, terus sibuk mempersiapkan dan memasak hidangan untuk keperluan ritual maupun untuk para tamu. Mereka bekerja bersama saling membantu demi kelancaran acara.
sisdanso.blogspot.com



Hmmm...Asap yang mengepul dari tungku sederhana, keluar diiringi aroma makanan tradisional, menggugah selera semua orang termasuk saya.
sisdanso.blogspot.com
 
Seperti halnya didapur, ruang utama juga telah dipenuhi makanan-makanan sesaji yang ditutupi daun-daun. Para warga sekitarpun terus berdatangan.
sisdanso.blogspot.com


Dari dapur menuju ruang utama, makanan-makanan dan sesajian terus dikeluarkan hingga semua siap dan acara ritual dimulai.
sisdanso.blogspot.com



Setelah sambutan dari tuan rumah,  makanan atau sesaji yang berada dihadapan para tamu mulai dibuka, terdapat beberapa macam jenis makanan yang biasa ada dan menjadi syarat mutlak dalam setiap ritua.
sisdanso.blogspot.com

Sambutan dan Do’a-do’a telah selesai dibacakan, biasanya warga setempat mempunyai kebiasaan tersendiri dalam setiap ritualnya yaitu dengan meminum terlebih dahulu apa yang mereka sebut dengan air macan warna, minuman ini terbuat dari campuran rempah-rempah sehingga mempunyai rasa yang unik, warga sekitar juga mempercayai bahwa minuman ini dapat menyembuhkan dan menghindarkan dari penyakit tertentu. Semua warga yang hadir satu persatu meminum ramuan ini. Minuman tersebut memang terlihat unik saat pertama melihatnya, karena hanya diberada dalam satu wadah, pada bagian permukaan hanya terlihat beberapa macam bunga saja. Masing-masing warga telah meminum ramuan yang telah disediakan dan merasakan kesegarannya. kini, seluruh warga mulai mengumpulkan makanan yang ada, dipilah-pilah untuk kemudian dibagikan. Hanya beberapa bagian saja yang dikhususkan untuk keperluan ritual mandi suro.

sisdanso.blogspot.com

Selesailah salah satu rangkaian acara mandi suro, semua warga kembali ke rumah masing-masing dengan membawa makanan atau sesaji yang telah dibagikan. Sementara yang lain tetap berada dilokasi untuk mempersiapkan ritual salanjutnya sambil menunggu larutnya malam. Walaupun malam semakin larut, semua warga terlihat senang dengan acara ritual ini, sebagian kembali ke rumah masing-masing dengan harapan rasa syukur dan doa yang mereka lakukan dapat membawa berkah keselamatan lahir dan bathin serta kesejahteraan hidup.

sisdanso.blogspot.com



Waktu hampir menunjukkan pukul 12 malam. Sekelompok orang telah datang kembali kelokasi dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk ritual mandi suro, obor-oborpun telah dinyalakan, mereka tetap menjaga kesakralan ritual dengan arahan dari beberapa tetua desa. Sekelompok pembawa obor dengan beberapa orang tua yang membawa sesaji membentuk barisan, sementara warga setempat yang mengikuti acara mandi suro berada dibelakangnya.
sisdanso.blogspot.com
  
Langkah-langkah kaki barisan warga seakan memecah keheningan malam menuju lokasi ritual yang biasa digunakan para leluhur sejak dahulu hingga sekarang. Dari kejauhan hanya terlihat nyala api obor  yang membuka perjalanan mereka pada saat napak tilas ini. Tidak hanya laki-laki, kaum wanitapun terlihat antusias mengikuti prosesi mandi suro. Melewati jalan licin dan berbatu, mereka terus menyusuri hingga sampai dilokasi ritual.
sisdanso.blogspot.com

Disebuah sungai, ritual mandi suro dimulai. Warga sekitar percaya bahwa sungai tersebut mempunyai aura tersendiri sejak dulu sampai sekarang sehingga sungai inilah yang selalu digunakan untuk prosesi ritual. Seorang tetua yang telah ditunjuk untuk memimpin jalannya prosesi tampak membacakan do’a-do’a kemudian melarung sesaji yang dibawa, sementara beberapa warga telah bersiap untuk mensucikan diri disungai.
sisdanso.blogspot.com

sisdanso.blogspot.com
Tibalah pada acara puncak prosesi ritual, semua warga yang hadir tanpa terkecuali baik yang tua maupun muda segera membersihkan dan mensucikan diri disungai, tidak perduli dinginnya malam terus menggigit semua orang.  Mereka mempercayai bahwa dengan mandi disungai ini pada hari suro dapat membersihkan dan mensucikan diri dari kotoran dimasa lalu selain sebagai salah satu penghormatan mereka terhadap leluhur dengan tetap menjalankan tradisi yang ada.
sisdanso.blogspot.com


Suara aliran sungai yang deras terus mengiringi warga seakan menyambut semua yang datang dengan kesegarannya. Satu persatu warga selesai mensucikan diri, beberapa orang yang menjadi pemandu mulai berkemas-kemas mempersiapkan barisan menuju ketempat semula tetapi prosesi mandi suro tidak selesai sampai disini biasanya setelah rombongan meninggalkan lokasi warga lainnya terus berdatangan bergantian hingga pukul 3 pagi.
 



Warga yang telah selesai mensucikan diri kembali berjalan menuju lokasi untuk kemudian melangkah kerumah masing-masing dengan harapan dapat menyambut hari esok dengan batin dan jiwa yang suci sehingga dapat diperoleh berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Semua berharap dengan dilaksanakannya mandi suro juga sebagai wujud penghormatan para leluhur dan menjaga tradisi yang ada agar tidak hilang sehingga terciptanya kebersamaan dan kerukunan antar warga serta mempererat tali persaudaraan.

by: sisdanso

Lihat hal unik dan menarik lainnya dengan klik link di bawah ini....wajib dilihat....sangat baguuuss...


Terimakasih...



 




 

1 comment: