Friday, June 10, 2016

Air Sakti Sumber Polaman

Sudah beberapa kali ini saya menceritakan tentang keberadaan sumber air di Kabupaten Malang. Rasanya tidak membuat bosan tetapi malah kepingin tahu dimanalagi sumber air yang ada di Malang, Jawa Timur. Sampai suatu waktu dalam perjalanan, saya menemukan sebuah sumber air lagi di wilayah Singosari yang merupakan wilayah Malang. Sumber air ini bahkan mempunyai akses jalan sangat mudah dibandingkan sumber air lainnya. Kalau dari arah Malang kita menuju lawang, sebelum pasar kita berbelok menuju arah kebun teh, setelah itu masuk sebuah gang dengan petunjuk arah. tidak jauh dari situ sampailah kita di sumber air dengan penanda sebuah Masjid disampingnya.

Nama lokasinya Sumber Air Polaman. Cukup luas, dengan air sangat jernih, kita cukup membayar parkir saja untuk bisa masuk dan mandi di sumber air polaman. Air yang terus mengalir juga dimanfaatkan untuk kebutuhan warga di beberapa wilayah. Banyak cerita turun temurun mengenai sumber ini, ada yang menganggap benar, ada juga yang mengganggap hanya mitos saja. Namun. memang di sumber air polaman masih banyak terdapat situs-situs bertebaran. Sebagian lagi dapat diselamatkan dan kini dijaga, ditempatkan juga dirawat warga sekitar beserta pengelola. Bahkan masih ada situs di dalam air.
sisdanso.blogspot.com

Selain kejernihan air dan situs yang ada, hal lain yang fenomenal adalah ikan-ikan yang berada dalam kolam pemandian. Konon, ikan-ikan ini tidak boleh ditangkap, menurut keterangan, jika ada orang menangkap ikan di pemandian ini maka akan terjadi sesuatu hal yang dapat merugikan si penangkap ikan tersebut. Sampai sekarang tidak ada satupun orang berani menangkap ikan-ikan di sumber polaman. Entah bagaimana ikan-ikan itu muncul hingga kini kita dapat melihat bahkan mandi diantara ikan-ikan di sumber polaman.
sisdanso.blogspot.com

Setiap harinya banyak wisatawan datang mengunjungi dan mandi di sumber polaman, tempat sejuk dikelilingi pepohonan membuat kemenarikan lain bagi pengunjung. Kitapun dapat bertanya langsung mengenai keberadaan atau sejarah sumber polaman kepada pengelola. Bahkan kita dapat memiliki sebuah buku kecil mengenai sumber polaman yang sebagian orang percaya bahwa air sumber polaman bisa digunakan untuk penyembuhan. Bahkan ada juga tempat-tempat khusus digunakan orang untuk bersemedi.

Untuk lebih komplit mengenai sumber air polaman lengkap dengan wawancara penjaga atau pengelola juga warga sekitar. Silahkan klik videonya di link ini :

https://www.youtube.com/watch?v=Njng_CPGtLk

Demikian cerita singkat saya ketika mengunjungi sumber air polaman... Semoga bermanfaat...Terimakasih.. ....Salam...

by: sisdanso

0 komentar:

Post a Comment