Sunday, June 19, 2016

Bola Api - Permainan Tempo Dulu Paling Hot



sisdanso.blogspot.com
Saat ini, pada masa sekarang ini, Permainan tradisional sudah nyaris punah di hampir seluruh daerah Indonesia. Hampir punahnya permainan-permainan tersebut salah satunya karena adanya anggapan bahwa permainan tradisional tidak layak dalam pola kehidupan modern atau terjajahnya permainan masa lampau dengan permainan digital. Padahal kalo kita tahu dilihat dari sisi ekonomi permainan tradisional adalah permainan yang bahan-bahannya sangat murah bahkan terkadang kita tak perlu membelinya. Dengan bahan yang ada dari lingkungan sudah dapat diperagakan hingga melatih kreatifitas, ketangkasan juga kebersamaan. 

sisdanso.blogspot.com

Permainan tradisional yang saya lihat baru-baru ini adalah permainan Bola Api. Wah, dilihat dari namanya saja sudah terkesan hot dan pastinya seru. Dan benar sekali, permainan ini adalah permainan bola. Bolanya terbuat dari bongkahan sabuk kelapa tua yang telah kering dengan terlebih dahulu airnya dibuang lalu bongkahan tersebut direndam menggunakan minyak tanah. Tujuannya supaya minyak meresap kedalam serat-serat bola kelapa tersebut. Supaya lebih seru lagi permainan bola api dimainkan pada malam hari. Ini memiliki keindahan tersendiri, karena penerangan hanya menggunakan lampu seadanya dan cahaya kebanyakan bersumber dari bola api yang dimainkan. kereeen....



Aturan mainnya juga hampir sama, tidak berbeda jauh dengan main sepak bola pada umumnya yang terdiri dari dua gawang, gawang kita dan gawang musuh. Satu tim terdiri dari lima orang pemain. Lapangan yang digunakan tidak berbeda jauh dengan luas lapangan bola basket. Pertandingan dipimpin oleh seorang wasit. Siapa yang banyak memasukkan bola ke gawang lawan maka tim tersebut yang dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba.

sisdanso.blogspot.com


Dilihat-lihat selama permainan tidak ada yang sampai terbakar atau merasa sakit. Yang pasti para pemainnya tidak terlalu memikirkan hal tersebut dan mereka merasa menikmati pertandingan yang berlangsung. Apalagi sorak sorai serta antusias penonton dari warga sekitar membuat semarak permainan bola api. Saking banyaknya warga ingin mencoba permainan bola api, maka mereka membuat grup masing-masing untuk dipertandingkan. Tidak tanggung-tanggung, seringkali permainan bola api berlangsung hingga larut malam. 

Kalau diperhatikan lagi, salah satu permainan tradisional ini memiliki unsur kebersamaan, dengan mengutamakan sportifitas juga kekompakan. Apalagi dapat dinikmati oleh para pemain maupun penontonnya sehingga  kerukunan dapat tercipta. Permainan ini seharusnya menjadi salah satu contoh dimana sikap saling menghormati juga diperlukan. Dan permainan ini sudah sepatutnya dilestarikan.

by: sisdanso

Lihat juga hal unik dan menarik lainnya dengan klik link dibawah ini... Wajib dilihat... bagus bangeet...

https://www.youtube.com/channel/UCHrMa7MElXt_1TXzulZdSUw

Terimakasih.....

0 komentar:

Post a Comment