Thursday, June 2, 2016

Keroncong Masa Kini

sisdanso.blogspot.com
Musik keroncong... sudah lama rasanya bahkan sangat-sangat lama kalimat musik keroncong tidak terdengar... jangankan musiknya.. kata-katanya lho sudah jarang banget disebutkan.. aneh ya.. tidak juga sih.. karena memang musik ini muncul sudah sangat lama, yah seangkatan dengan kakek nenek atau buyut-buyut kita sih. Terus kenapa sampai tidak muncul lagi musiknya bahkan kata-katanya..?
Sebenernya bukan tidak muncul, di daerah-daerah kecil khususnya di Jawa, masih ada beberapa kelompok musik yang masih melestarikan, tapi itupun masih dengan keterbatasan-keterbatasan. Keterbatasan disini maksudnya peminatnya.. kalau untuk alat ataupun kemampuan bermusik justru di Indonesia ini hebat-hebat semua musisinya.

Terus perlu ngga kita membahas sejarah musik keroncong ? saya kira tidak perlu deh... tapi kalau memang mau tau juga ya silahkan cari di mesin pencariaan google, sudah banyak banget tuh yang menulis tentang sejarah musik keroncong. terus ngapain ding.. eh .. dong ? Naaah.. kita akan melihat, masih ada ga sih yang anak-anak muda yang mainin musik keroncong ini ?

Beberapa saat yang lalu.. saya sempat mencari-cari di youtube.. dan hasilnya sedikit sekali yang memainkan musik keroncong ini dan rata-rata mereka masih bermain dengan pakem yang ada.. padahal menurut pendapat beberapa orang, dari survey yang dilakukan, seharusnya musik keroncong ini harus mengalami pembaruan. pembaruan maksudnya didalamnya harus di sisipi musik kekinian atau sebaliknya sehingga anak jaman sekarang dapat menerima musik ini, walaupun dari nuansanya saja. tapi setidaknya dapat diterima dan secara langsung akan mempelajari musik keroncong ini ketika akan membawakannya.

Musik keroncong yang kayak gimana sih yang udah didapat dari youtube ? yang katanya kekinian itu ?
Hehehe... sebenernya sih bukan kekinian banget juga..tapi setidaknya masih enak ditelinga dengan lirik sederhana. Bahkan ada juga yang bernuansa dangdut. supaya engga penasaran kita coba buka dulu link nya. disini ada 3(tiga) lagu yang disuguhkan.
Judul lagu :
Kertas-kertas
https://www.youtube.com/watch?v=x-Z1YlUjavA
Si Manis Balita
https://www.youtube.com/watch?v=_-1XuyqkNeU
Lelaki Dan Wanita
https://www.youtube.com/watch?v=qDn1tjmCAx0

Gimana..? enakkan lagu-lagunya ? dengan konsep sederhana mereka mencoba untuk melestarikan musik keroncong. nah, kitapun setidaknya ikut menghargai sebuah karya terlepas dari bagus tidaknya tetapi bentuk apresiasi merupakan salah satu hal kecil yang bisa dilakukan.
Demikian sedikit uraian dari saya, semoga kita dapat terus berkarya dengan positif dengan saling menghargai dan mengapresiasi. Terimakasih. Salam.

by : sisdanso

0 komentar:

Post a Comment