Wednesday, June 22, 2016

Tugel Kuncung, Cincin Emas Di Rambut


sisdanso.blogspot.com
Beberapa waktu lalu saya mendatangi pernikahan seorang kerabat. Seperti pada umumnya pernikahan adat Jawa ada beberapa ritual yang dilaksanakan. Namun ada satu ritual yang pada saat itu belum pernah saya lihat sebelumnya. Nama ritual itu adalah Tugel Kuncung. Dari namanya saja sudah unik Tugel artinya memotong, Kuncung adalah ujung rambut. Bisa diartikan juga memotong ujung rambut.

sisdanso.blogspot.com
Tugel kuncung ini juga merupakan sebuah ritual budaya khas Jawa yang berarti memotong rambut sebagai media tolak balak atau buang sangkal (sial). Soal usia, dalam ritual tugel kuncung tak diatur. Tergantung keinginan dari si empunya acara.
sisdanso.blogspot.com

Acara ini sarat dengan nilai sakral. Jaman sekarang acara seperti ini sudah jarang ada di perkotaan. Memang tugel kuncung ini adat orang jaman jawa dulu. (Jaman lawas)
sisdanso.blogspot.com

Pada saat memotong sedikit rambut , sesepuh pemimpin acara menyelipkan cincin emas. Cincin itu dimasukkan diujung rambut lalu dipotong dengan gunting dan dimasukkan ke baskom berisi bermacam bunga.

Entah kapan lagi saya bisa melihat acara tugel kuncung ini, yang pasti ini adalah salah satu bentuk tradisi dan kepercayaan yang telah lama hadir sebagai warisan leluhur dan patut dilestarikan karena banyak sekali makna yang ada dalam melaksanakan tugel kuncung. Percaya atau tidak itu sudah menjadi hak dan keyakinan masing-masing.

by: sisdanso

Lihat hal unik dan menarik lainnya dengan klik link dibawah ini... wajib dilihat... sangat baguuusss....

https://www.youtube.com/channel/UCHrMa7MElXt_1TXzulZdSUw

Terimaksih.....

0 komentar:

Post a Comment