Sunday, June 12, 2016

Pura Giri Arjuna - Lereng Gunung Arjuna - Batu

sisdanso.blogspot.com
Pura. Sebuah tempat digunakan umat Hindu untuk melakukan ibadah. Di Indonesia banyak terdapat pura, sedangkan di Kota Malang dan Batu Khususnya ada beberapa pura dan sampai saat ini masih terus terjaga kelestarian bangunannya. Setiap Pura yang ada memiliki keunikan dan sejarah tersendiri, membuat kemenarikan bagi para wisatawan peminat sejarah. Apalagi tradisi maupun bentuk ritual keagamaan yang sangat sakral.

Salah satu Pura yang terdapat di Kota Wisata Batu adalah Pura Giri Arjuna. Terletak tepat berada di kaki atau lereng gunung arjuna. Cukup jauh untuk menuju ke Pura ini dari Kota Batu, memakan waktu sekitar 30-45 menit dengan akses jalan cukup bagus tetapi menanjak dan berliku dengan perkebunan apel dikiri kanan jalan, juga pemandangan indah pegunungan. Udara sejuk juga dingin membuat perjalanan menjadi tidak terasa.

Bangunan megah juga indah serta khas terlihat ketika kita sampai dibawah Pura. Pemandangan dari sini sangat indah apalagi disini juga tertata. Ketika lelah setelah perjalanan juga ada warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman. Sepertinya mata kita dimanjakan dengan pemandangan yang ada, udara dingin malah lebih terasa lagi.

Saat memasuki Pura, kebetulan saya langsung dapat bertemu dengan salah satu Pandita setelah beliau melakukan persembahyangan. Hingga saya pun dapat bertanya-tanya mengenai banyak hal dan dijawab dengan sangat ramah. Bahkan saya juga diantarkan untuk melihat ruang dalam Pura.
Untuk lebih jelasnya tentang keadaan Pura juga Wawancara dengan Pandita. Silahkan klik link ini :

https://www.youtube.com/watch?v=RR6tCUEWMzs

Demikian cerita singkat saya ketika mengunjungi Pura Giri Arjuna - Batu. Semoga bermanfaat... Terimakasih..

by : sisdanso

0 komentar:

Post a Comment