Friday, June 17, 2016

Bersih Desa...? Apa itu..?


Di Jawa, banyak sekali terdapat tradisi warisan leluhur yang sampai saat ini masih dilestarikan. Salah satunya adalah Selamatan desa atau bersih desa. Selamatan desa atau bersih desa ini merupakan salah satu upaya memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa lewat sedekah dan hasil dari bumi maupun ternak, yang diperoleh maupun yang diberikan dari masyarakat, dan banyak masyarakat yang mempercayai dengan bersedekah sama dengan menjauhkan bala ataupun mara bahaya.

sisdanso.blogspot.com


Biasanya, ada beberapa prosesi yang dilakukan sebelum melaksanakan bersih desa. Misalnya saja melakukan ritual di sumber air, juga melakukan do’a ataupun penghormatan kepada leluhur yang biasanya bertempat di sebuah punden atau makam dari orang yang pertama kali tinggal atau menemukan desa tersebut. Biasanya dilakukan pada malam atau pagi hari. 


Bersih desa atau selamatan desa jika dilihat dari manfaatnya, bagi masyarakat sekitar dapat memberikan masukan yang lebih baik secara material maupun batiniah sehingga terciptalah suatu bentuk kerukunan antar sesama juga kebersamaan dan kepedulian satu sama lain.

sisdanso.blogspot.com


Walaupun dalam pelaksanaanya tidak semudah yang dibayangkan dan pastinya menjumpai beberapa kendala, tetapi biasanya tidak membuat surut semangat dari pihak penyelenggara. Waktu, persiapan, maupun sumber daya dan permasalahan lain yang ada menjadi hilang ketika acara yang biasanya dimulai dengan arak-arakan ini dimulai, karena pada intinya adalah bagaimana memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa juga bagaimana kita belajar untuk bisa bersedekah.

Bersih desa atau selamatan desa mempunyai makna yang juga berisi pesan dari para leluhur dan berisi persyaratan-persyaratan bisa tidaknya arak-arakan dilaksanakan. Sehingga masyarakat yang akan mengikuti arak-arakan menjadi lebih siap secara fisik maupun bathin. Selain dari pada itu, bersih desa juga merupakan
sebagai wujud nyata gotong royong serta silaturahmi dan merupakan bentuk kongkrit yang dijadikan sebagai titik temu sehingga disimbolkan dengan kebersamaan masyarakat pada saat dilaksanakan arak-arakan. Lambang ini juga berhubungan dengan acara utamanya yaitu bersih desa.

Kegiatan diikuti oleh masyarakat sekitar, mulai dari anak-anak sampai para sesepuh dan perangkat desa berbaur menjadi satu, bahkan para pemuka dari seluruh perwakilan agama, karena memang acara bersih desa ini merupakan sebuah kegiatan tradisi bukan sebuah kegiatan keagamaan sehingga terlihat kerukunan yang terbentuk melalui acara bersih desa atau selamatan desa.

sisdanso.blogspot.com


Di pesarean segala kelengkapan dipersiapkan, bunga-bungaan, dupa, dan sesaji lainnya. Begitu terasa kesakralan yang dimunculkan, seiring dengan dinyalakannya dupa dan ditaburnya bunga-bunga. Tidak hanya disatu tempat saja, persembahan dilakukan pada beberapa makam leluhur sebagai penghormatan atas jasa yang telah dilakukan karena telah membangun desa mereka.


Sebagaimana prosesi ritual dalam lainnya, bersih desa juga lebih ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi perlindungan dan keselamatan dalam melaksanakan kegiatan bersih desa tersebut. Karena pada dasarnya setiap kegiatan selalu didasari dengan niat yang suci sehingga memunculkan hasil yang bermanfaat bagi keberadaan wilayah tersebut.


Berbagai macam seni dan tradisi di indonesia sangat beragam, sehingga menambah kekayaan bagi bangsa. Sebagai orang indonesia sudah sepatutnyalah kita turut mencintai dan melestarikan seni tradisi milik sendiri dengan upaya dan kemampuan yang kita miliki.

by: sisdanso

Lihat juga hal unik dan menarik lainnya dengan klik link dibawah ini... wajib dilihat... baguuuss banget....


 

0 komentar:

Post a Comment