Friday, June 3, 2016

Mencicipi Nasi Liwet Kota Solo

sisdanso.blogspot.com
Siapa sih yang tidak mengenal kota Solo... Kota yang ramah dengan kesederhanaannya.. Merasakan jalan-jalan dikota Solo memang menyenangkan sehingga membuat kita betah berlama-lama disana.. ngga macet, harga yang murah, penduduk yang ramah, dan satu lagi, kulinernya yang enak-enak..
Salah satu makanan yang paling saya gemari dikota Solo adalah Nasi Liwet. Selain termasuk makanan khas Jawa, rasanyapun enak banget. ngga salah kalau setiap teman yang saya ajak menikmati nasi liwet jadi ketagihan.

Pertama kali mencari nasi liwet yang paling enak di kota solo awalnya agak sulit, tanya sana sini, mencicipi sana sini, yah pokoknya butuh waktu juga untuk menemukan nasi liwet yang bener-bener maknyus dilidah. karena setiap tempat pastinya ada perbedaan rasa juga suasana. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah tempat yang ternyata juga banyak yang datang kesini, dan tempat ini sudah sangat lama berdiri, hingga akhirnya sampai sekarang kalau ke kota Solo saya selalu menyempatkan untuk menikmati nasi liwet disini.

Tempatnya tidak begitu besar-besar banget, seukuran warung-warung biasa pada umumnya, begitu kita sampai disana sudah pasti disambut keramahan sang pemilik atau para pegawainya. Setelah itu mereka akan melayani sesuai pesanan kita dengan baik. Ditempat ini kita bisa menyantap nasi liwet sambil duduk di kursi dengan meja ataupun bisa juga dengan lesehan, sementara interiornya banyak didominasi dengan hiasan dari bambu.

Nasi liwet di tempat ini isinya beberapa macam lauk pauk dengan nasi yang gurih dihiasi sambal yang membuat ketagihan, apalagi dialasi dengan daun pisang, wuuuh menambah rasanya menjadi lebih nikmat. Sampai sekarang, dari yang saya rasakan, tidak ada perubahan rasa, tetap enak, dan bikin kangen. Padahal nasi liwet ditempat ini sudah akan melakukan regenerasi, karena sang pemilik sudah sangat tua dan hanya sesekali saja dapat melayani pembeli.

Dari tadi kok cuma nasi liwet nya aja ? dimana tempatnya dan apa nama tempatnya? hehe.. Namanya nasi liwet Bu Lemu. Tempat ini sudah cukup terkenal di Kota Solo. Setiap pengayuh becak di Solo pasti sudah mengenal dan mengetahui tempat ini. Kalo kita bingung ya tinggal tanya saja, pasti tau.. Kalau mau lebih santai lagi ya kita naik becaknya saja sekalian. Oh iya.. Nasi liwet Bu lemu ini buka mulai sore jam 4 hingga malam hari... Enaknya lagi,biasanya menjelang malam kita bisa menikmati nasi liwet ditempat ini sambil menikmati juga iringan musik dari pengamen yang membuat panggung kecil sendiri di seberang jalan, mereka bermain sambil mengenakan busana khas Jawa lho...

Untuk lebih jelasnya coba lihat video ini.. salah satu pengunjung yang menikmati nasi liwet bu lemu.. klik link ini :

https://www.youtube.com/watch?v=FLRP8uVAP54

Nah.. gimana.. semakin penasaran kan untuk mencicipi nasi liwet khas kota Solo... Jangan lupa kalau melewati kota Solo untuk mampir, dijamin ketagihan.. Banyak juga lo yang datang terus setelah makan nasi liwetnya pesen lagi untuk dibungkus dan dijadikan oleh-oleh. Bahkan yang telah datang pun banyak yang order minta dikirim ke kotanya masing-masing.
Demikian ulasan dari saya.. selamat mencoba... terimakasih... salam...

by: sisdanso

0 komentar:

Post a Comment