Thursday, June 23, 2016

Loro Pangkon, Untuk Pengantin Yang Masih Muda Atau Sebelumnya Belum Pernah Menikah

sisdanso.blogspot.com
Sebuah acara pernikahan yang saya hadiri beberapa saat yang lalu benar-benar menambah pengetahuan, sangat banyak bentuk tradisi yang dilaksanakan. Salah satunya dan memang belum saya lihat pada umum nya pernikahan adalah sebuah tradisi bernama Loro pangkon. Loro pangkon adalah sebuah tradisi adat jawa yang dulu biasanya ada dalam sebuah prosesi pernikahan. Namun sekarang tidak semua tempat masih melaksanankan prosesi loro pangkon.
sisdanso.blogspot.com

Saat itu acara dimulai dengan iringan musik karawitan, setelah beberapa saat dua orang tampak hadir sambil menembangkan lagu-lagu Jawa di depan panggung mempelai wanita. Salah satunya membawa replika ayam jago dan juga biasanya membawakan pantun disertai guyonan menghibur para tamu undangan.

sisdanso.blogspot.com

Menurut tetua yang melaksanankan, Loro pangkon biasanya diperuntukkan bagi pengantin yang masih muda atau sebelumnya belum pernah menikah.

sisdanso.blogspot.com
Dilambangkan dengan seekor ayam jantan buatan dihiasi berbagai macam pernak-pernik. Banyak makna terdapat dalam bentuk ayam jantan ini, mulai dari paruh, kaki dan lain sebagainya.
Loro pangkon dibawakan oleh beberapa orang dengan bentuk seperti ludruk, khas dengan banyolan-banyolan dan pesan-pesan.
sisdanso.blogspot.com

Sangat beruntung saya bisa melihat langsung tradisi ini. Apalagi ternyata banyak makna yang disampaikan dalam setiap dialognya. Setelah acara Loro Pangkon selesai, lalu dilanjutkan dengan tradisi lain yang juga menarik dan penuh makna simbolik. Semua pasti berharap tradisi ini dapat terus dilaksanakan untuk menjaga kelestariannya.

by: sisdanso

Lihat juga hal unik dan menarik lainnya dengan klik link dibawah ini.... wajib dilihat...sangat baguuuss.....

https://www.youtube.com/channel/UCHrMa7MElXt_1TXzulZdSUw

Terimakasih....

0 komentar:

Post a Comment