Thursday, June 9, 2016

Keunikan Rumput Dalam Air Sumber Sirah

Wisata di sumber air kini kian digemari. Selain air mengalir deras dan sangat jernih, suasana sejuk disertai pemandangan indah, juga ada beberapa fasilitas kecil disediakan para pengelola, biasanya dikelola oleh pemerintah atau warga setempat, selain itu semua adalah MURAH nya. Walaupun terkadang di beberapa lokasi wisata sumber air masih agak sulit dijangkau. Tapi bagi para petualang, justru inilah yang menjadi tantangannya. Banyaknya lokasi wisata sumber air membuat keberagaman sehingga wisatawan dapat memilih tempat mana yang menjadi tujuan, selain itu menjadi alternatif menghilangkan kebosanan, karena setiap tempat mempunyai rasa dan suasana yang berbeda.

Salah satu lokasi wisata sumber air yang kini menjadi tempat pilihan adalah Sumber Air Sirah. Lokasi sumber sirah di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kenapa Sumber sirah menjadi salah satu pilihan ? Ya tidak lain dan tidak bukan adalah pesona dalam airnya. Walaupun tempat pemandian yang digunakan tidak terlalu besar tetapi banyak sekali rumput-rumput hijau dalam air menghiasi kolam pemandian. Dan rasanya hanya disinilah kita dapat berfoto sendiri atau beramai-ramai di dalam air diantara rumput-rumput hijau dan terlihat seperti padang rumput dalam air.
sisdanso.blogspot.com

Dari Kepanjen kita hanya menempuh jarak sekitar 7km untuk sampai di sumber sirah. Akses jalan tidak sulit, ada beberapa petunjuk arah menuju lokasi. Sampai dipintu masuk sudah disiapkan lahan parkir yang dikelola warga. Hasil dari lahan parkir inilah yang nantinya digunakan untuk mendirikan fasilitas atau kebutuhan lain untuk kenyamanan pengunjung. Lahan parkir ini untuk kendaraan roda dua, untuk kendaraan roda empat biasanya dititipkan di rumah warga karena akses jalan tidak dapat dilalui. Dari tempat parkir jalan menurun dan berjalan sekitar 100m. Kitapun dapat melihat tempat pemandian dari kejauhan. Setelah sampai dilokasi sumber air, telah ada warung-warung kecil berjajar rapi menanti. Selain warung juga telah disediakan kamar mandi kecil untuk berganti baju.

Segarnya air yang terus mengalir dari bawah sekitar pohon beringin besar membuat kita melupakan kepenatan, rasanya juga tak ingin kalau mandi hanya sebentar, apalagi jika kita membawa peralatan snorkling dengan kamera case tahan air. keindahan bawah airnya sangat terasa. Kita juga bisa menyewa ban dalam untuk bersantai di atas air sambil menikmati pemandangan persawahan serta sejuknya hawa pohon beringin. Nikmat sekali....

Menurut warga Sumber Air Sirah ditemukan oleh seorang bernama Mbah Sirah, yaitu orang yang juga membuka kawasan penduduk disekitarnya.. Dulunya sumber sirah hanya digunakan airnya untuk kebutuhan warga sekitar. Kita dapat mengunjungi makam Mbah Sirah di dekat Pohon Beringin besar, dan saat ini makam Mbah Sirah hanya ditandai batu-batu juga di beri batas dari bambu untuk mencegah pengunjung memasuki area makam Mbah Sirah.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Sumber Sirah serta Makam Mbah Sirah disertai wawancara pengelola dan penduduk sekitar silahkan klik link video ini :

 https://www.youtube.com/watch?v=jbiOUg-6pgI

Demikian cerita singkat saya ketika mengunjungi sumber air sirah.. Semoga bermanfaat.. Terimakasih...Salam...

by : sisdanso
 

0 komentar:

Post a Comment