Thursday, June 9, 2016

Sumber Wadon - Mitos Batu Besar dan Penyembuhan

Pada postingan sebelumnya, saya telah menceritakan sumber sirah yang berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan fenomena rumput hijau dalam airnya. Kali ini, tidak berbeda dengan sebelumnya, tidak jauh-jauh dari sumber sirah terdapat sebuah sumber air lainnya bernama Sumber Wadon. Lokasinya memang sangat dekat dengan sumber sirah, hanya dengan berjalan kaki sebentar saja kita telah sampai di sumber wadon, hanya dibatasi dengan rumput-rumput juga parit kecil.
sisdanso.blogspot.com

Sumber Wadon, nama sumber air yang satu ini tak sepopuler sumber sirah walaupun jaraknya berdekatan. Karena memang sumber wadon memang belum terlalu di perkenalkan kapada para pengunjung yang datang ke sumber sirah. Dinamakan Sumber Wadon untuk mendampingi sumber sirah. Kalau sumber sirah lelakinya maka sumber wadon adalah wanitanya bisa juga untuk mengenang istri dari Mbah Sirah penemu sumber air sirah yang makamnya juga ada berdampingan bersama makam Mbah Sirah di bawah pohon beringin sumber sirah.

Air di sumber wadon sangatlah jernih, bahkan menurut pengelola sudah dilakukan uji coba dan dapat diminum secara langsung tanpa dimasak. Air keluar dari sela-sela tanah juga pepohonan di sekitar. Tidak ada pembatas apapun semua masih sangat alami, dan memang tampaknya belum benar-benar dikelola. Sumber wadon tidak sedalam sumber sirah, karena itulah warga sekitar merencanakan sumber wadon sebagai lokasi wisata untuk anak-anak.

Ada sisi lain yang menarik di sumber wadon yaitu cerita tentang keberadaan sebuah batu besar ditengah aliran air. Menurut warga tidak ada yang dapat mengangkat batu tersebut. Dan jika batu tersebut terangkat maka air sumber wadon akan terhenti. Batu tersebut juga kerap di jadikan tempat bersemedi dan sumber wadon juga menjadi tempat ritual-ritual lainnya. Ada juga yang berkata pernah melihat ular raksasa di atas batu tersebut, ada juga yang mengatakan air sumber wadon membuat awet muda dan bisa menyembuhkan sakit. entah benar atau hanya untuk menarik minat wisatawan saja. Terlepas dari itu semua memang air di sumber wadon sangat lah jernih dan terasa segar jika kita meminumnya.

Untuk lebih lengkapnya tentang Sumber Wadon silahkan klik link ini :

https://www.youtube.com/watch?v=jbiOUg-6pgI

Demikian sedikit cerita saya ketika mengunjungi sumber wadon... Semoga bermanfaat...Salam....

by: sisdanso

0 komentar:

Post a Comment