Tuesday, June 28, 2016

Kirab Kirim Arwah Leluhur

sisdanso.blogspot.com
Beragam cara yang dilakukan sekelompok orang untuk memperingati atau mengadakan tradisi yang biasa mereka selenggarakan. Misalnya saja dengan mengadakan pertunjukkan, perlombaan, kegiatan sosial sampai mengadakan ritual-ritual yang memang sudah ada secara turun menurun dan memang sudah menjadi budaya maupun bagian dari tradisi yang mereka miliki.

sisdanso.blogspot.com
Begitu juga dengan sekelompok masyarakat di donomulyo kabupaten malang, dalam rangka menyelenggarakan bersih desa, mereka mengadakan sebuah tradisi yang dinamakan kirab kirim arwah leluhur.
sisdanso.blogspot.com

Dalam mengadakan acara kirab kirim arwah leluhur, ada beberapa tata cara yang harus dilakukan selain juga banyak sekali kelengkapan-kelengkapan yang harus dipersiapkan dan memang benar-benar menimbulkan sisi lain yang bersifat sakral dan ritual. Makna-makna filosofis maupun simboliknya pun menyertai kirab kirim arwah leluhur.

sisdanso.blogspot.com
Kegiatan diikuti oleh masyarakat sekitar, mulai dari anak-anak sampai para sesepuh dan perangkat desa berbaur menjadi satu, bahkan para pemuka dari seluruh perwakilan agama, karena memang acara kirab kirim arwah leluhur ini merupakan sebuah kegiatan tradisi bukan sebuah kegiatan keagamaan sehingga terlihat kerukunan yang terbentuk melalui acara kirab kirim arwah leluhur.

by: sisdanso

Lihat hal unik dan menarik lainnya dengan KLIK LINK dibawah ini....WAJIB DILIHAT...SANGAT BAGUUUS......

https://www.youtube.com/channel/UCHrMa7MElXt_1TXzulZdSUw

Terimakasih......

0 komentar:

Post a Comment