Sunday, June 12, 2016

Sumber Ringin, Pemandian Alami Dari Beringin Raksasa

sisdanso.blogspot.com
Sumber Ringin. Salah satu sumber air yang kini dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari juga sebagai tempat wisata pemandian. Nama Ringin diambil dari banyaknya pohon beringin besar dan beberapa diantaranya menjadi tempat keluarnya air. Sumber ringin berada di wilayah Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju kesana hanya membutuhkan waktu setengah jam dari kota Malang. Akses jalan juga bagus dan mulus, ada juga petunjuk jalan ketika berada di Tumpang, atau kita dapat bertanya kepada penduduk sekitar.

Ketika sampai di lokasi pemandian Sumber Ringin, hawa sejuk juga pemandangan asri mulai menyapa. Tempat parkir cukup luas dan tidak jauh dari pintu masuk utama. Dari loket masuk jalan menurun yang kita lalui juga mudah. Setelah berada didalam, kita di buai dengan banyaknya pepohonan diantara beringin-beringin raksasa. Suara anak-anak bermain di air juga terdengar. Kolam pemandian yang paling atas adalah yang pertama kita jumpai. Kolam ini tepat berada dibawah atau di kaki pohon beringin raksasa. Air jernih terus mengalir membuat tak tahan untuk segara menyentuhnya, dan benar saja, rasa dingin cukup terasa membuat kesegaran tersendiri.

Dari sini terdapat jalan lain menuju tempat pemandian dibawahnya, masih berupa kolam yang telah ditata rapi, beberapa arena bermain untuk anak juga disediakan, tetapi sayangnya seperti kurang begitu terawat, padahal di dekatnya juga disediakan gazebo untuk bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain. Tetapi masih bisa digunakan lah... Dibawahnya lagi, masih terdapat kolam pemandian, jadi di sumber ringin ini terdapat beberapa kolam pemandian kitapun dapat memilih mana saja yang kita suka. Apalagi suasananya sangat alami membuat betah berlama-lama berada di pemandian sumber ringin, kalaupun lapar, juga ada warung-warung kecil dengan menu makanan dan minuman sederhana.

Sumber ringin juga dijadikan salah satu tempat pagelaran budaya maupun tempat melakukan ritual. Bahkan pada saat-saat tertentu masyarakat sekitar melakukan kegiatan ritual budaya yang dilakukan secara tradisi dan telah ada sejak sumber ringin belum menjadi tempat wisata.
Untuk lebih lengkap mengenai Sumber ringin, silahkan lihat videonya dengan klik link ini :

https://www.youtube.com/watch?v=cHS_mYXtTnU

Demikian sekilas cerita saya ketika mengunjungi wisata pemandian alam Sumber Ringin... Semoga bermanfaat... Terimakasih....

by: sisdanso

0 komentar:

Post a Comment