Sales Letter adalah sebuah website/halaman yang berisi tentang deskripsi dari
produk dan kalimat-kalimat marketing yang bertujuan untuk menjual produk anda. Sukses
atau tidaknya sebuah sales letter bergantung sukses atau tidaknya sales letter
tersebut mengkonversi penjualan. Itulah mengapa sales letter dibuat semenarik
mungkin. Buatlah agar calon customer anda tidak berani menolak penawaran yang
anda lakukan. Caranya? Mari kita lihat dulu syarat membuat sales letter :
- Loading Ringan
Ini syarat
wajibnya. Pengunjung paling malas membuka website yang sukar diakses atau berat
untuk loading. Lebih dari 11 detik waktu loading, maka pengunjung akan
meninggalkan website anda.
- Gambar Menarik
Gambar-gambar
yang menarik dengan kualitas gambar yang bagus sangat disenangi para pengunjung
website anda. Buatlah tampilan gambar yang professional.
- Penawaran Yang Menarik
Penawaran
yang menarik menjadi ujung tombak untuk mengkonversi penjualan. Buatlah
penawaran yang menguntungkan bagi calon customer anda.
- Memuat Penjelasan
Produk yang Detail
Penting
untuk menjelaskan secara detail dari A sampai Z tentang produk yang ditawarkan.
Benefit, How To Use, Garansi, Bonus, dan lain sebagainya.
- Menampilkan Testimonial
Bukti dan
bukan hanya sekedar janji adalah lebih ampuh dibandingkan bahasa penawaran
apapun, karena dengan testimonial yang memuat masalah dan solusi akan menambah
citra produk anda terangkat. Sebagian pelanggan lebih senang dengan
memperhatikan pengalaman dari customer lain yang telah membeli produk anda.
- Cara Order Dan
Pembayaran Yang Mudah
Pastikan
cara order dan pembayaran dapat dilakukan dengan mudah, jika perlu buatlah form
order. Cara order yang rumit bisa membuat calon customer membatalkan transaksi.
- Buat Profile Anda Yang
Menarik
Buatlah Foto
Profile yang menarik, berikan alamat yang jelas, dan bagaimana menghubungi Anda
via handphone atau email, dll. Semuanya harus asli. Sehingga meyakinkan para
pengunjung terhadap website dan penawaran yang anda lakukan.
Lantas bagaimana caranya agar
pengunjung sulit menolak penawaran yang anda lakukan? Anda bisa gunakan
beberapa teknik berikut ini :
Urgency – Menjadikan solusi atau penawaran kita sebagai
yang terbaik buat menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan calon customer
sehingga ia akan membelinya
Scarcity – Menjadikan penawaran kita seperti barang yang
langka, persediaan terbatas dan dalam waktu terbatas akan segera habis/sold out.
Testimonial – Meminta orang untuk memberikan testimoni
tentang produk yang kita tawarkan. Ini merupakan social proof bahwa produk kita
layak dan harus dibeli. Walau produk kita baru, tapi ada cara untuk mendapatkan
testimoni yang sah dan autentik dari seorang customer. Sebelum launching anda
bisa menawarkan produk secara gratis bagi mereka yang bersedia memberikan
testimoni. Hal ini sah dilakukan dan anda mendapatkan review produk yang akan
anda launching.
Bonus – Memberikan tambahan nilai terhadap penawaran kita. Jelaskan bahwa
uang yang mereka bayar juga termasuk bonus-bonus yang nilai sekian rupaih lebih
tinggi dari nilai produknya sendiri. Perlihatkan nilai/harga dari bonus yang
diberikan agar lebih kelihatan nilai tambahnya. Misalkan : Dapatkan Bonus Ebook
Seharga Rp. 300.000,- jika anda order sekarang!
Discounts – Tawarkan diskon dengan batas waktu tertentu. Buatlah
waktu yang mendesak dan sangat singkat. Terangkan jika diskon hanya berlaku 2
hari dan setelah itu harga kembali normal.
Risk Removal – Pembeli menyukai pembelian tanpa resiko.
Tawarkan jaminan/garansi uang kembali dalam waktu 2 bulan atau 60 hari. Sehingga
calon customer akan merasa punya cukup
waktu untuk mencoba produknya tanpa kerugian apapun.
0 komentar:
Post a Comment