Sales page merupakan tulisan pada website yang berfungsi
untuk mempresentasikan produk anda kepada pengunjung/traffic sebaik mungkin
sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk anda/mengkonversi penjualan.
Karena sales letter bertugas mempresentasikan produk kita maka didesain sebaik
mungkin dapat menarik hati konsumen. Sehingga akhirnya mereka mau memutuskan
untuk membeli produk kita. Perlu diingat!, sebagus apapun produk anda, jika
sales letter anda jelek maka konsumen tidak akan pernah tahu manfaat yang diperoleh
dari produk anda. Oleh karena itu jika anda menulis sales letter, berpikirlah
dari sudut pandang konsumen. Karena dengan begitu mereka akan tahu manfaat
terbesar setelah memiliki produk anda. Sales letter menjadi penentu seberapa
banyak pengunjung yang akan membeli produk yang anda jual.
Komponen dari sales letter ada 3
bagian, yakni :
- Introduction
= pengenalan
- Body
Copy= penawaran
- Conclusion
= kesimpulan
Berikut ini 10 Langkah Kunci
Menulis Sales Letter :
- Headline: Headline haruslah singkat, padat dan jelas. Yang paling penting harus mampu menarik perhatian pengunjung dalam waktu singkat. Headline bertugas mengiring pengunjung untuk terus membaca sales letter. Harus cepat karena orang tak punya banyak waktu. Sekali headline anda gagal menarik perhatian, pasti efeknya terasa pada penjualan.
- Introduction.
Setelah pengunjung tertarik dengan membaca headline yang kita tulis, selanjutnya
lakukan pengenalan diri, apa latar belakang dan passion anda.
- Bangun Proxymity. Bangun kedekatan dengan calon
pembeli produk anda. Caranya dengan meyakinkan mereka bahwa anda juga
memiliki masalah yang sama. Jika yang anda tawarkan ebook
training, maka jelaskan bahwa dulu anda juga mengalami kesulitan dengan
mencari ebook training yang lengkap dan bermanfaat untuk bisnis online
anda.
- Mulai Ajukan Solusi. Mulai sisipkan
dalam bawah sadar target market anda mengenai solusi yang bisa ditempuh.
Mungkin beli ebook, ikut training, dll.
- Informasikan
Komposisi Produk dan Benefitnya. Jelaskan fitur
apa saja yang mereka akan dapatkan dan jelaskan manfaat apa saja yang
mereka dapatkan dari produk tersebut.
- Pencantuman
harga. Rumus harga pergunakanlah ilmu penentuan harga
yang secara psikologis membuat kesan tidak terlalu mahal. Itulah mengapa
seorang internet marketer sebelum memberikan harga sebenarnya, ada harga
coret. Sehingga memberi kesan pengunjung sangat untung dan sayang jika
melewatkan penawaran ini. Masalah pembulatan harga, cukup penting
diperhatikan bahwa secara psikologis calon pembeli lebih suka harga yang
tampak menguntungkan. Misalnya Rp. 99.000,- lebih baik jika dibandingkan
dengan mencantumkan harga Rp. 100.000,-
- Pasang CALL TO
ACTION. Tombol
beli sekarang, buy now, subscribe now,dll. Artinya, setelah pengunjung
kita arahkan dengan penawaran yang sulit untuk ditolak, langsung berikan
tombol untuk melakukan pembelian. Bisa tombol itu di linkan ke paypal,
form order, atau strategi lain yang intinya langsung bantu calon customer
melakukan transaksi.
- Kasih GARANSI. Hilangkan keraguan
dari diri calon customer anda dengan garansi. Bisa garansi uang kembali
jika tidak sukses dalam 30 hari, dll.
- Tambahkan bonus. Semua orang suka
BONUS. Ya, semua orang suka jika dapat keuntungan tambahan. Cantumkan
harga bonus yang anda berikan dan apa saja isinya. Tentu saja bonus harus
berkaitan erat dengan produk yang anda jual. Dengan begitu calon customer
anda nggak akan lari ke website orang lain.
- Lakukan Recap. Tulis
pengulangan lagi secara singakat, totalan Value + Bonus berapa, Harga dan
CALL TO ACTION lagi.
Tambahan
dari 10 di atas yang juga penting, yakni : harus ada Disclaimer. Penting menambahkan point disclaimer
di bagian salesletter. Lalu juga bisa tambahakan sedikit FAQ (kayak tanya jawab
singkat) mengenai hal hal yang mungkin sering ditanyakan berkaitan dengan
penawaran anda.
0 komentar:
Post a Comment