Call To Action (CTA) adalah
banner, tombol, atau beberapa jenis grafis atau teks pada website yang
dimaksudkan untuk mendorong pengguna untuk mengklik. Inti sales letter adalah
bagaimana agar calon customer anda bertindak anda dapat memanfaatkan Call To
Action untuk mengarahkan mereka. Bisa dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa
Inggris, terkadang bahasa asing tampak lebih mudah. Anda bisa menggunakan Call
To Action berikut ini di sales letter anda :
Daftar Sekarang
Daftar Gratis
Order Disini
Dapatkan Rahasianya
Disini
Cek Disini
Klik Disini
Download Sekarang
Masukkan alamat email
Booking Sekarang
Gabung Sekarang
Daftar Newsletter
Pesan Sekarang
Watch This
Click Here
Add to Cart
Book Now
Subscribe Now
Subscribe Today
Apply Now
Click For Detail
More Info
Follow
Watch This
Buy Now
Visit Us
Click The Button
Below
Get Access Now
Get It Free
Start Now
Learn More
Berikut cara mengoptimalkan Call To Action
(CTA) :
1.
Lakukan
tes CTA
Anda
hanya dapat lakukan tes CTA pada design atau text yang anda gunakan, penggunaan
font, ukuran, warna, lokasi, dll. Dalam satu waktu, gunakanlah hanya 1 elemen
pengetesan, agar anda dapat menganalisa hasil yang pasti dari elemen yang anda
gunakan tersebut.
2.
Jadikan
CTA terlihat pada pandangan pertama
CTA harus terlihat jelas
pada sales letter anda sehingga calon customer tahu dimana harus meng-klik. Anda
bisa membuat CTA lebih besar.
3.
Miliki
Perintah yang jelas
Jangan
sampai call to action Anda malah membuat bingung. CTA haruslah jelas apa
perintah dan apa maksudnya. Gunakan kata perintah seperti “Klik di sini!,
“Daftar sekarang”, “Gabung sekarang”, atau yang lainnya.
4.
Pilihlah
warna yang tepat
Pilihlah
warna yang kontras dengan desain sale letter anda sehingga CTA lebih menonjol.
Pilihan warna dapat mempengaruhi CTR. Kalau anda perhaikan mengapa tombol CTA
kebanyakan warna hijau? Karena secara psikologis warna hijau mengartikan
penerimaan dan persetujuan. Atau anda juga bisa dengan warna kuning agar lebih
atraktif.
5.
Masukkan
beberapa tombol CTA
Jika
tidak banyak tulisan, anda bisa letakkan satu tombol CTA. Jika tulisan anda
cukup panjang, anda bisa meletakkan lebih dari satu CTA. Misalnya : pada bagian
tengah sales letter anda atau bagian akhir.
6.
Jelaskan
secara spesifik
Biasanya
kata dalam CTA terdiri dari 1 atau 2 kata. Bukan berarti anda tidak boleh
menulis dalam satu kalimat. Misalnya : “Booking Hotel Sekarang dan Dapatkan
Diskon” atau “Temukan Restoran Terdekat dan Dapatkan Voucher Gratis”.
7.
Gunakan
Gambar
Anda
bisa gunakan gambar untuk mengarahkan ke CTA anda. Bisa dengan gambar panah
atau garis. Bahkan dengan gambar bergerak akan lebih bagus. Karena elemen
gambar mendapat perhatian lebih dari pengunjung.
0 komentar:
Post a Comment